POSTED BY on 17.45 under

The beta Body Mass Index graphImage via Wikipedia

Salah satu faktor agar kita dapat terus melakukan aktivitas blogging adalah faktor kesehatan. Apalagi dengan kondisi cuaca saat ini, yang kurang mendukung, kalau kita tidak pintar-pintar jaga kondisi bisa-bisa .... sakit dech. Tapi cobalah kiat sehat formula dari Nadra B.Bellock & Lester Breslow, yakni :
  1. kebersihan pribadi;
  2. cukup tidur;
  3. makan tiga kali sehari;
  4. berat badan ideal;
  5. wajib sarapan;
  6. bergerak badan teratur;
  7. tidak merokok, minum alkohol, atau mencandu obat.
KESEHATAN memang diatas segalanya, jika sehat kita dapat melakukan kegiatan apa saja termasuk blogging (bisnis online) tapi jika kita sakit wah kebalikannya ... coba bayangkan sendiri. Berikut ini tujuh kiat agar kita dapat menjaga kesehatan :

  1. Kebersihan pribadi, sampai sekarang Amerika pun masih berkutat dengan urusan mencuci tangan dengan benar bagi warganya. Tak cukup bersabun, melainkan sekujur tangan dan lengan harus dibasuh penuh, selain tidak mengeringkan dengan lap yang tak pernah dicuci. Memakai lap kotor hanya memindahkan kembali kotoran mencemari tangan yang sudah dibasuh. Hanya karena jemari tangan tidak bersih, sejumlah penyakit menghadang. Soal SARS dan flu burung saja masih bermasalah kalau tangan tidak dibasuh sempurna. Belum bibit penyakit yang menempel pada pakaian sepulang dari luar rumah yang dibawa ke kamar tidur. Soal sepatu dan sandal luar rumah dibawa ke lantai rumah. Atau bibit penyakit yang mungkin melekat di rambut setelah pulang bergiat di luar rumah, langsung dibawa ke bantal kamar tidur, serta kebiasaan tidak memasukkan jari ke liang hidung, mengucek mata, atau mengorek liang telinga sebelum membasuhnya.
  2. Tidur 7-8 jam sehari, tubuh punya “biological clock”. Jam biologis ini perlu diset sejak awal. Untuk itu jadwal harian rutin perlu dibangun tertib, kapan waktu tidur, makan dan jeda. Sedikitnya kita perlu tidur 7-8 jam sehari. Tentu sama pentingnya kualitas dan kuantitas tidur. Tidur lama namun tak berkualitas sama tidak sehatnya. Kebiasaan suami begadang, lembur pulang malam, alih-alih menyempatkan tidur siang, akan mengeroposkan kesehatannya. Tidur siang sendiri terbukti meningkatkan produktivitas kerja, selain menyehatkan.Hanya bila jadwal harian dibangun tertib, tidur memperoleh kecukupan jatahnya.
  3. Makan tiga kali sehari, sesuai dengan kerja lambung, tubuh butuh tiga kali makan dalam sehari. Jika tidak, kinerja bisa buruk, dan produktivitas rendah. Tentu makan bukan asal kenyang, melainkan cukup porsi dan lengkap gizinya pula. Untuk itu mencukupi rasa kenyang, dan doyan segala dapat dijadikan pilotnya. Kesempurnaan makan keluarga ditentukan pula oleh isi meja makan yang disiapkan istri.
  4. Wajib sarapan, sarapan ibarat bensin mesin tubuh kita. Mesin tubuh bekrja optimal bila bensinnya terisi penuh. Kekurangan nutrisi yang diperoleh dari sarapan tidak tergantikan oleh makan siang maupun makan malam. Tanpa sarapan, prestasi, produktivitas, dan stamina tidak optimal. Idealnya, sarapan sekualitas makanan pangeran (sekelas American breakfast), dan makan malam cukup menu orang biasa.
  5. Berat badan ideal, Berat badan gampang naik dengan bertambahnya umur. Makan sedikit namun tetap gemuk. Maka porsi dan jenis menu tertentu di meja makan rumah perlu dikekang, selain membatasi menu restoran dan menu suguhan pesta. Jaga agar Body Mass Index tidak lebih dari 25. Formula: berat badan (dalam kilo) dibagi tinggi badan (dalam meter) pangkat dua, dijadikan panduan agar terjaga berat badan ideal. Menjauhi menu jenis berlemak, manis-manis, dan membatasi menu karbohidrat, salah satu caranya.
  6. Bergerak badan rutin, tak perlu spesial berolahraga. Berjalan kaki tergopoh-gopoh 100 meter per menit (6 Km/jam) selama 40-50 menit dinilai memadai jika dilakukan 5-6 kali seminggu (”brisk walking”). Lakukan pula keperluan pribadi sendiri. Menyemir sepatu, mencuci mobil, dan jangan menganggap tabu melakukan pekerjaan istri seperti memasak, membantu keperluan bayi, mengganti popok, menggendong anak, membuat susu.
  7. Tidak merokok, jauhi alkohol, apalagi mencandu obat, semua yang mencandu itu perlu dijauhi, apalagi bila berisiko jantung koroner, atau stroke. Kita yang mewarisi risiko kedua penyakit itu perlu terbebas sama sekali dari bahan itu. Sekadar sontekan kecil stres saja bisa membangkitkan serangan jantung, atau stroke. Risiko bertambah bila ada kencing manis, kegemukan, darah tinggi, dan lemak darah (lipid) juga tinggi.
Untuk itu mari kita selalu berusaha menjaga kesehatan, sehingga tidak menganggu akitivitas blogwalking kita.




4 comments so far:
    asep-bogor Selasa, 19 Januari, 2010 , mengatakan...

    Kesehatan emang sangat penting, jangan sia2 kan sehat kita sebelum datangnya sakit...

     
    astaga.com lifestyle on the net Rabu, 20 Januari, 2010 , mengatakan...

    Kesehatan paling sering terlupakan, apalagi kalau lagi semangat banget ngeblog nya untuk nengejar sesuatu, lupa makan, kurang tidur dll deh,, hehehe,, untung ada artikel ini, thanks banget gan info nya.. nice konten and keep sharing..

     
    Johnson Manurung Rabu, 20 Januari, 2010 , mengatakan...

    tepat sekali sahabat
    artikelnya mutlak harus dica dan diikuti
    Salam

     
    backlink gratis Rabu, 20 Januari, 2010 , mengatakan...

    iya..kadang kerja keras kita bisa melupakan kesehatan ya....thanks bro..mantaps!

     

Copyright By WaroengDollar | DoFollow - Sites that really dofollow | And