POSTED BY on 17.43 under
Heritage dalam kamus Oxford ditulis sebagai sejarah, tradisi, dan kualitas yang dimiliki sebuah negara atau masyarakat selama bertahun-tahun dan dianggap sebagai bagian penting dari karakter mereka.

Peter Howard dalam buku Heritage : Management, Interpretation, Identity memaknakan heritage sebagai segala sesuatuyang ingin diselamatkan orang, termasuk budaya material maupun alam.
Jika selama ini manajemen warisan budaya lebih ditujukan pada warisan budaya secara publik, museum, misalnya Howard mengingatkan, tiap orang juga punya latar belakang kehidupan "behind the scenes" yang bisa jadi warisan tersendiri.

Warisan budaya adalah salah satu bagian dari pusaka suatu bangsa, yaiut pusaka budaya. Berdasarkan Piagam Pelestarian Pusaka Indonesia yang dideklarasikan di Ciloto, 13 Desember 2003, Pusaka Indonesia meliputi Pusaka Alam; Pusaka Budaya dan Pusaka Saujana.

Pusaka Alam adalah bentukan alam yang istimewa. Pusaka Budaya adalah hasil cipta, rasa, kasa dan karya yang istimewa dari lebih 500 suku bangsa di Tanah Air secara sendiri-sendiri, sebagai kesatuan bangsa Indonesia.
Pusaka Saujana adalah gabungan Pusaka Alam dan Pusaka Budaya dalam kesatuan ruang dan waktu. Pusaka Saujana dikenal dengan pemahaman baru, yaitu cultural landscape (saujana budaya).

Peninggalan atau warisan orang per orang juga termasuk dalam katagori heritage. Heritage adalah untuk semua manusia.



0 comments so far:

Copyright By WaroengDollar | DoFollow - Sites that really dofollow | And