POSTED BY on 21.16 under
Pertumbuhan pengguna sepeda motor di Indonesia begitu pesat, yang tentunya hal ini dibarengi dengan meningkatnya penjualan helm Dari situlah ide menyediakan jasa mencuci helm muncul.
Salah satu pelaku bisnis yang jeli melihat peluang ini adalah Bagas Condro Baskoro. Dia mendirikan usaha pencucian helm dengan nama Hellthy Helm. Lokasinya di Jalan Fatmawati, Jakarta Selatan.
Jasa cuci helm belum banyak. menurutnya mesin khusunya di buat sendiri selama berbulan-bulan. Bahkan onderdil untuk membuat mesin pencuci helm masih harus impor. Alat tersebut di rakit terus diujicoba hingga berhasil. Dengan alat ini waktu mencuci helm hingga kering hanya satu jam, padahal biasanya jika secara manual butuh waktu tiga jam.
Mas Bagas juga menawarkan kerja sama, dengan dua pola kerjasama yang ditawarkan, yaitu channeling dan distributor.
Channeling adalah bentuk kerja sama di mana Healthy Helm memberikan fasilitas peralatan dan training. Sedangkan Distributor adalah bentuk kerja sama dengan memberikan fasilitas peralatan dan training serta keuntungan Rp. 2 juta untuk setiap penjualan alat cuci helm.

Selain kedua bentuk kerjasama itu, juga diterapkan pola kerja sama operasi (KSO). Untuk pola ini akan dilakukan survei lokasi guna membuat outlet pencucian helm, jika hasil surveinya layak maka akan dilakukan kerjasama dngan pola bagi hasil. Tarif standar pencucian helm yang dipatok Healthy Helm sebesar Rp. 13.500,00.

Untuk ilustrasi investasi pola channeling seperti berikut :





0 comments so far:

Copyright By WaroengDollar | DoFollow - Sites that really dofollow | And